Riza Sativianti




Dikenal di media sosial dengan nama Oryza Sativa, sebenernya nama aslinya Riza Sativianti.Riza Sativianti adalah seorag muslimah berhijab syar'i yang meyukai dunia Art dan Desain.
Kita panggil kak riza yahh ^^
Okee :D 
Balik bentar ke Oryza Sativa :D nama ini diambil dari bahasa latin padi, oryza sativa. Yang artinya seperti filosofi pad,i makin merunduk makin jadi. sejak sekolah kak riza suka pakai nickname Oryza Sativa, jadi keterusan dehhh sampe sekarang.


Lahir di Surabaya, 25 April 1989,  anak kedua dari dua bersaudara.

Nah jadi kak riza ini adalah salah satu pendiri komunitas Hijaboraphic *dikutipdarirepublika
Muslimah yang Kerenn kan *hihihi 
Kesibukannya sekarang ,setelah nikah kak riza resign dari kantor,  Sekarang jadi desainer freelance di


@ZaphereStudio dan jadi lifetime partner bareng suaminya :)

Mauu kenalan lebih deket sama kak riza?

Ini Media Sosialnya kak riza, sokkk atuhhh yang mau follow ^^ 
Instagram : oryza_25
Twitter : @oryza25
Blog : www.justoryza.blogspot.com


Seorang muslimah yang kreatif dan cerdas pertama kali tau kak riza, terus kepoin media sosialnya deh *hihihi sukaa baget sama foto-foto yang diupload di Instagram kak riza
Inspiring baget dahh :D

Dan ini foto- foto Kak riza  

profil muslimah berhijab syar'i oryza Sativa yang menginspirasiprofil muslimah berhijab syar'i oryza Sativa







Fase Hijrah. Ilustrasi bikinan @setobuje, temukan di #TakeCover 3-6 April ini, see ya! #PosterExhibition #Hijab #Jakarta

pendiri hijabograpic oryza Sativa

Kak Riza Dan Kak Okaa
 Suami Istri yang serasi ^^
Kak Ria menikah di tanggal 29-Agustus-2014
*bisa pas sama gitu ya sama tanggal lahir aku,hihi 


 Hijabocrew

oriza sativa pendiri hijabographic

#hijabogath #bukber
 
Menggambar bersama Komunitas Hijabographic - NET5" on YouTube  

 . #SavePalestine #hijabogath 



Diwawancarai via email :D berikut ini adalah hasil wawancaraku dengan kak riza :) 
Semoga menginspirasi yahhh cerita hijab syar'inya :) Aamiin 
Cekidottt

  •  Sejak kapan berhijab syar’I, ceritaain juga yah kak kenapa memutuskan pakai hijab syar’i? Kalau memutuskan berhijabnya sejak tahun 2004 (kelas 2 sma) waktu itu masih mood2an pakai jilbab syari-lilit-syari-lilit. Awalnya niat berhijab sebenernya karena ketemu sama temen sebangku aq yang udah berhijab duluan, namanya Annisa. aq kepo2in tentang hijab ke Annisa sampai akhirnya laporan ke ibu bahwa aq pengen pake hijab dan ibu meng acc. Waktu itu karena gak punya stok hijab, aq rampas stok hijab di kamar ibu. Hihi maaafkan anakmu, Bu…
    Mantep memutuskan berhijab syar’i saat tahun 2005, waktu ikut mentoring Rohis di sekolah. Liat temen2 yang lain adem banget berhijab syari di sekolah maupun di luar sekolah. Mulai merasa nyaman pakai rok dan jilbab menjulur ke dada daripada pakai celana jins. Secara aq ini tinggi banget (174cm) dulu rasanya culun kayak jerapah kalo pake celana kemana-mana hihihi. Pake rok / gamis rasanya lebih anggun dan menjadi wanita xD (aduh ini bukan niat yang lurus sebenarnya). Alhamdulillah saat kuliah mulai istiqomah berhijab syar’I walaupun jurusan kuliahku bisa dihitung pake jari yang berhijab syari tapi aq cuek aja. Gabung dan aktif di Lembaga Dakwah Kampus bikin aq punya teman2 baik yang saling mengingatkan dan menguatkan satu sama lain.
     
  • Rasanya gimana kak setelah pake hijab syar’I perubahanya gitu :D
    Perubahan dari penampilan secara pribadi lebih aman dan nyaman. Gak keganggu mau aktivitas apapun malah lebih safe kalo menurutku. Walaupun banyak cibiran sana-sini tentang penampilan aq yang katanya terlalu ‘fanatis’ sama islam tapi lama kelamaan pada ngerti sendiri. Enaknya pake hijab syari itu kita jadi gak ikut arus mode karena sejatinya pakaian yang syar’i kan timeless sampe kapanpun juga hehe. Dan yang pasti lebih bisa menjaga diri, sifat2 bandel yang dulu pernah dilakuin, gara2 pake hijab syari jadi lebih bisa mengontrol diri.
     Menjaga lebih susah daripada memulai, istiqomah berhijab syari juga berat tantangannya apalagi kalau udah masuk dunia kerja. Dulu aq pernah ngalamin disuruh atasan buat mendekkin jilbab dan pake baju yang modis kayak mbak2 kantoran sebagaimana biasanya, tapi aq tolak permintaan atasan dengan ngasih pemahaman bahwa berhijab menurut islam sebaiknya menutup aurat syar’i seperti ini. Alhamdulillah atasan ngerti (walaupun masih mangkel kayaknya xD). Berhijab syari harus siap dipandang aneh dan dikritik orang karena penampilan kita, tapi disitulah ujiannya. Minta sama Allah biar terus istiqomah, lurusin niat hijab syar’I bukan karena ngikutin fashion tapi karena wujud ketakwaan kita sebagai muslimah. 

     
  • Suka dunia art dan desai dari kapan kak? Terus bisa bakat art sama desain gitu-gituan siapa yang ngajarin? Kece loww kak :D 
    Kalo suka dunia art sejak sekolah sudah suka, terus seriusin belajar desain saat di masa kuliah. Meskipun basic ilmunya di desain interior tapi pada dasarnya prinsip2 desain interior dan grafis hampir sama. Sisanya belajar otodidak sendiri, cari2 referensi dan tutorial di internet. Banyakin gaul sama pelaku-pelaku kreatif, dateng ke event2 kreatif/pameran/workshop buat nambah ilmu dan wawasan. Untuk belajar gambar kadang niru2 gaya artist lain buat belajar sampai nemuin style kita sendiri. Terus sekarang ketemu sama suami yang backgroundnya desain grafis jadi bisa belajar sama suami juga ;)

  • Minta *tulisanajakan dong kak buat muslimah yang berlum berhijab, 
    Belum berhijab tapi takut berhijab dengan seribu alasan? Tipsnya gampang. Coba pake dulu hijabnya jangan dicopot-copot hehe. Kalo minder, ikut gabung di komunitas2 hijab yang saat ini udah banyak di tiap kota biar makin pede sama lingkungan yang mendukung kita. Insya Allah berada di lingkungan yang baik akan memacu kita untuk berbuat yang baik pula.
    Berhijab adalah sebuah proses, menuju syar’i juga butuh proses. Niatkan berhijab sebagai bentuk ketaatan kita pada Allah. Kalau sudah mantap berhijab, jaga hidayah yang Allah berikan kepada kita dengan tidak berhenti di situ saja. Gali ilmu keislaman tentang kewajiban hijab dan menutup aurat bagi muslimah, insyaAllah hijab jadi jalan kita untuk makin mencintai islam.

Buat muslimahh yang demen (read:suka) sama dunia art yang berhubugan seni seni gitu, 
nihhh contoh kak riza :D hihi
Denga kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki bisa mensyiarkan Islam, terutama tentang Hijab ^^
perintah menutup aurat, (kewajiban kite-kite sebagai muslimah yang sudah baliqh)
Salutt dah buat muslimah kece ini hihi, (*saliman sama ka ryza:D )

Kak Riza sebagai salah satu pendiri Hijabographic
Teh Amal sebagai pendiri Peduli Jilbab 
Terusss sekarang giliran kamuuuuu ^^
Ayooo dirikan apa gitu :D hihi
Dengan adanya komuitas-komunitas hijab seperti ini, semoga semakin mengispirasi muslimah untuk berhijab dan memperbaiki hijabnya denga hijab syar'i
Saling megingatkan saling kasi semangattt :)
Semangat kak riza
Akuuu mendukungmu ^^hihi
Abis liat TAKE COVER di youtube sukaa banget sama hasil-hasil gambarnya ^^
Kece bingooo semua kak :D
Terakhir,,, semogaa kita bisa berteman yahhh kak, Alhamdulillah sudah dapet no WAnya, tiggal chat aja nih *hihihi

Salam kenal dari akuuuu disini ^^
Ternyata kak riza muslimah yang ramah dan baik supel juga, :D seneng bisa wawancara di email dan bisa contact2 di WA :D Alhamdulillah nambah saudara baru lagi :)
*salimanlagicipikacipiki:D

Yang penasaran sama TAKE COVER ini video nya ^^


0 komentar:

Posting Komentar

Mauu komentar ? silahkan :D
Maaf jika ada penulisan kata yang kurang jelas hihi kadang suka typo
Jika ada kesalahan dalam postingan, silahkan kasih komentar dan saran yah hihi
Terimakasih banyak :)